Kreatif dan Inovatif, Wajib Bung!

Batasan untuk berkreasi dan berinovasi bagi setiap orang termasuk mahasiswa jelas tidak memiliki batasan, dalam arti akan banyak ide – ide yang muncul dan dapat diaplikasikan asalkan memiliki konsep dan sudah direncanakan secara matang. Begitu banyaknya peluang sampai – sampai kadang kita tidak habis pikir bahwa sebuah hal yang kecil dan dianggap biasa, ternyata jika dikembangkan lagi akan menjadi sesuatu yang luar biasa. Saya ambil contoh dari keripik Maicih, kalu dipikir tentu keripik akan jadi sebatas keripik, keripik pedas pun demikian. Namun mereka mengembangkan sebuah keripik pedas dengan menambahkan sebuah elemen yang disebut “ level “, hal inilah yang membuat menjadi unik dimata masyarakat sehingga orang berbondong – bondong untuk mencoba .

WWW

Berbicara mengenai kreatifitas, tidak terlepas mengenai mudahnya pertukaran informasi yang ada pada saat ini, dunia yang jaman dahulu terkekang oleh pembatasan ini dan itu sekarang bisa mendapatkan berbagai hal dengan mudah. Referensi – referensi yang sekarang tersebar di dunia maya dengan mudah didapatkan dan mendorong orang – orang menjadi lebih kreatif. The World is Flat, sebuah buku karangan Thomas L. Friedman mengupas tuntas bagaimana informasi yang dahulu begitu jauh untuk diraih, kini bisa didapat dengan hanya satu “click”. Semenjak tembok Berlin diruntuhkan, negara – negara di dunia semakin berkembang dan pada akhirnya terciptalah Microsoft Windows 3.0 yang muncul dengan fitur yang lebih mudah digunakan. Meskipun tentu saja Bill Gates harus mengucapkan terima kasih kepada para pesaingnya yaitu Steve Jobs yang lebih dulu mempelopori komputer rumah bernama Apple II tahun 1977, juga IBM yang membuka standar Personal Computer (PC) sehingga bisa dikembangkan oleh siapapun di dunia seperti sekarang ini. Penyebaran informasi semakin maju ketika Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web, sebuah ruang informasi di dunia maya yang sampai saat ini terus kita gunakan, faktanya penemuan ini membuat Berners- Lee menjadi salah satu dari 100 orang yang paling berpengaruh di dunia abad 20.

The World is Flat

Kreatifitas dan Inovasi tidak melulu harus berupa sebuah penemuan alat baru, sebuah ide sederhana pun bisa disebut kreatifitas. Ada lima level kreatifitas dari mulai yang paling rendah hingga yang paling tinggi, yaitu kreatif eksistensial, Kreatif yang menciptakan sesuatu dari yang belum ada menjadi ada.  Kreatif Komunikasi yaitu sebuah tingkatan kreatifitas yang lebih tinggi dari kreatif eksistensial. Kreatif Instrumental yaitu sebuah kreatifitas dalam menggunakkan suatu alat, misalnya piano dengan menciptakan suatu permainan musik yang unik. Kreatif orientasional, yaitu tingkatan kreatif dimana membuat tingkatan kreatif yang sebelumnya mejadi berguna bagi masyarakat. Yang terakhir yaitu kreatif inovasional yaitu menciptakan lagi suatu kreatifitas yang baru, Larry Page dan Sergey Brin dengan Googlenya adalah suatu contoh kreatif inovasional.

Google

Namun faktanya, tidak semua orang berani untuk kreatif dan inovatif. Ada saja hambatan – hambatan yang mereka temui untuk berkreasi dan berinovasi, seperti :

 

  • Stress. Buruk untuk kesehatan dan sangat menguras energi .
  • Rasa Puas. Rasa puas yang berlebihan dalam suatu pencapaian seringkali menjadi hambatan bagi seseorang untuk ber inovasi. Hal ini lah yang membutakan diri kita sehingga kreatifitas menjadi terhambat.
  • Rutinitas. Rutinitas atau kegiatan sehari – hari terhadap sesuatu akan membuat hidup ini terasa monoton, tidak ada hal – hal yang baru yang kita dapat. Kita harus aktif di dalam hidup ini dan mau mencari hal – hal yang baru.
  • Beliefs. Kita seringkali membatasi diri kita terhadap sesuatu hal, percaya bahwa semua memiliki batas dan tidak ada lagi yang bisa dikembangkan.
  • Takut.  Takut akan gagal, takut akan memulai adalah salah satu faktor utama dalam penghambat kreatiifitas .
  • Self criticism. Terkadang ada orang yang merasa diri paling benar dan tidak mau menerima masukan dari orang lain. Hal inilah yang dapat membuat sesuatu yang harusnya menjadi lebih baik menjadi terhambat.

 

Bagaimana untuk mengatasi hambatan – hambatan ini? Simpel, lakukanlah yang berkebalikan dengan yang diatas. Kalau kita takut akan mencoba sesuatu yang baru, maka bernaikanlah diri kita untuk melakukan kesalahan, karena dari kesalahan itu kita dapat mengalami peningkatan performa dan dapat mengevaluasi diri kita sehingga bisa membuat sesuatu yang lebih baik kedepannya. Ibarat software beta, banyak sekali bug – bug atau error yang terdapat didalamnya, tapi hal itu akan dievaluasi dan diperbaiki developer sehingga pada akhirnya muncullah software final release yang bebas bug.

Kita juga harus membuka diri kita terhadap pendapat dan kritik dari orang lain. Pandangan kita dan orang lain jelas beda, untuk itu tujuan dalam membuka diri tersebut adalah mengumpulkan sebanyak-banyaknya saran dan kritik orang lain dan mengambil kesimpulannya, sehingga apa yang akan kita lakukan atau buat ke depannya benar – benar memuaskan diri kita dan orang lain.

 

Poin-poin penting yang harus dicapai untuk mencegah hambatan-hambatan dalam kreativitas dan inovasi adalah :

1. Buka Mata dan Telinga

Kemampuan kita untuk selalu terbuka terhadap berbagai hal akan memberikan energi yang luar biasa untuk mampu mencintai segala sesuatu, termasuk mencintai profesi kita.

2. Percaya Diri

Kemampuan untuk mengenali apa yang menjadi keistimewaan kita merupakan hal terpenting dalam hidup kita.

3. Berteman Dengan Orang – Orang yang Kreatif

Jika ingin mengetahui karakter seseorang, lihatlah dengan siapa dia berteman. Semakin kita mempunyai teman yang baik, maka semakin besar pula peluang kita untuk menjadi sama seperti mereka

 

Marilah supaya kita menjadi lebih berani untuk berkreasi dan inovatif, tidak ada yang namanya gagal, yang ada hanyalah belum beruntung atau kurang beruntung atau apes.

“But the person who scored well on an SAT will not necessarily be the best doctor or the best lawyer or the best businessman. These tests do not measure character, leadership, creativity, perseverance.”
William J. Wilson

Salam Creativity and Innovation Bung!

Efraldo Sugih M Siahaan

19009032

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s